Tips Menulis Ala Jurnalistik Yang Baik

Tips Menulis Ala Jurnalistik Yang Baik

Dalam perkara menulis memang bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan untuk sebagian orang, tapi hal ini juga tidak sulit untuk dilakukan jika ada keinginan yang kuat untuk mencobanya. Karena pada dasarnya merangkai huruf-huruf menjadi kata yang nantinya akan tersusun dalam suatu kalimat dapat dilakukan oleh siapa saja.

Tips Menulis Ala Jurnalistik Yang Baik

Kita juga tidak perlu kuliah jurnalistik atau sastra terlebih dahulu untuk hanya sekedar menulis artikel di blog pribadi, dan tidak ada pula keharusan untuk membuat skripsi analisa berita media massa sebagai persyaratan pembuatan artikel di blok pribadi.

Namun jika anda mau situs judi slot terbaik menulis sebuah artikel jurnalistik, pastikan anda mengerti pengertian jurnalistik dan juga tips dalam penulisan artikel jurnalistik yang memiliki standar yang diharapkan dengan aturan yang sudah ada di seluruh dunia jurnalistik.

Pengertian Jurnalistik

Jurnalistik sendiri merupakan sebuah proses yang meliputi pencarian dan pengumpulan bahan berita (peliputan), pelaporan sebuah peristiwa atau kejadian (reporting), penulisan berita (writing). penyuntingan naskah artikel (editing), dan juga menyebar luaskan berita yang sudah dibuat tersebut melalui sebuah platform yang bisa berbentuk online atau tulisan.

Kode Etik Jurnalistik

Seorang jurnalis yang baik harus mengutamakan kode etik jurnalistik yang mana hal tersebut wajib dilakukan untuk dijadikan sebuah acuan proses jurnalistik. Kode etik ini harus diketahui dan dipahami, berikut adalah beberapa kode etik jurnalistik:

  • Independent
  • Professional
  • Berimbang
  • Akurat
  • Tidak menyalahgunakan profesi
  • Tidak menyebarkan berita berdasarkan prasangka atau diskriminasi SARA
  • Menghormati kepribadian seseorang
  • Ketika ada koreksi harus dilayani dengan profesional

Tips dalam Menulis Artikel:

1. Memenuhi Kode Etik Jurnalistik

Hal yang paling utama dan penting adalah dengan senantiasa memenuhi kaidah kode etik jurnalistik. Jika hal ini tidak terpenuhi, maka bisa dikatakan anda bukanlah seorang jurnalis yang profesional.

2. Membuat Lead yang Menarik

Lead adalah paragraf awal artikel yang tentunya berfungsi sebagai kalimat pemikat membaca. Pembaca akan menentukan apakah ia akan terus membaca artikel sampai habis atau malah langsung meninggalkan artikel yang dibuat oleh https://24thwest.com/slot-online/ anda tergantung dari bagaimana penulisan leadnya. Jadi sebisa mungkin buatlah kalimat pembuka yang menarik.

3. Pemilihan Kata

Perkayalah pemilihan kata atau diksi anda. Karena diksi memiliki pengaruh yang cukup besar dalam penulisan artikel. Banyak pakar menulis juga mengatakan perbanyak membaca sebelum mulai menulis. Tujuannya agar pembendaharaan kata dan koleksi kata-kata kita lebih banyak dan variatif. Jadi saat menulis artikel kita juga bisa lebih mudah bermain kata-kata.

Anda juga bisa dengan mengasah kemampuan untuk menulis dan terus menerus agar menjadi penulis yang professional. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>