Teknik Dasar Jurnalistik untuk Pemula

Teknik Dasar Jurnalistik untuk Pemula

Teknik Dasar Jurnalistik untuk Pemula – Wartawan yang profesional tidak hanya sekedar memiliki kemampuan menulis berita , namun juga harus memahami dan menaati aturan yang berlaku di dunia jurnalistik yang salah satunya adalah kode etik Jurnalistik.

Jika seandainya seorang wartawan mendapatkan keluhan tentang kinerjanya , seperti ada tulisan asal ataupun berita yang disampaikan sangat ngawur baik dalam segi penulisan ataupun dari segi substansi , bisa dikatakan jika wartawan tersebut belum memahami dasar-dasar jurnalistik.

Besar kemungkinan jika wartawan seperti ini hanya memiliki kemampuan “bisa nulis” , namun tak diikuti dengan kemampuan dasar-dasar jurnalistik sebagaimana peserta pelatihan atau mahasiswa jurnalistik. Nah pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang teknik dasar jurnalistik atau hal-hal mendasar di dunia kewartawanan.

Ruang Lingkup Dasar-Dasar Jurnalistik

Wawasan

Dasar-Dasar Jurnalistik dalam hal pengetahuan (knowledge) yang terpenting adalah pengetahuan tentang ilmu atau teori jurnalistik.

Istilah-istilah kunci (key terms) atau kata kunci (keywords) dalam dasar-dasar jurnalistik antara lain pengertian jurnalistik, asal-usul kata jurnalistik, sejarah jurnalistik, produk jurnalistik (berita, artikel opini, featured, termasuk foto jurnalistik dan video jurnalistik), narasumber atau sumber berita, jenis-jenis berita, jenis-jenis feature, jenis-jenis artikel opini (editorial, pojok, karikatur), manajemen redaksi, struktur organisasi media, jenis-jenis media, angle berita, delik pers, dan sebagainya.

Skills Jurnalistik

Dasar-Dasar Jurnalistik dalam hal keterampilan (skills) yang terpenting adalah penulisan berita yang merupakan produk utama jurnalistik sekaligus karya utama wartawan (jurnalis), teknik pencarian berita atau teknik reportase (wawancara, riset data, observasi atau pengamatan langsung ke tempat kejadian), dan penggunaan bahasa jurnalistik (bahasa pers/bahasa media) dalam menulis berita.

Sikap Jurnalis

Dasar Jurnalistik dalam hal attitute (sikap) secara normatif diatur dalam UU No. 40/1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Pemberitaan Media Siber untuk Wartawan dan Media Online, serta etika jurnalistik secara umum sebagaimana tercantum di Elemen Jurnalisme.

Pengertian Jurnalistik

Secara harfiyah, jurnalistik (journalistic) artinya kewartawanan atau kepenulisan. Kata dasarnya “jurnal” (journal), artinya laporan atau catatan, atau “jour” dalam bahasa Prancis yang berarti “hari” (day). Simpelnya , jurnalistik adalah teknik dan proses pembuatan informasi atau berita (news processing) dan penyebarluasannya melalui media massa.

Dari pengertian di atas , terdapat 4 komponen yang terdapat dalam dunia jurnalistik.

Informasi Produk Jurnalistik: News & Views

Dalam dunia jurnalistik , informasi dimaksud adalah news (berita) dan views (opini). Sedangkan untuk berita  adalah laporan peristiwa yang bernilai jurnalistik atau memiliki nilai berita (news values) –aktual, faktual, penting, dan menarik. Adapun jenis jenis berita yang ada dalam dunia jurnalistik adalah berita langsung , berita opini , berita investigasi dan berita ringan.

New Processing

Teknis pembuatan informasi atau berita terangkum dalam konsep proses pembuatan berita (news processing), meliputi:

News Planning = perencanaan berita. Tahap dimana redaksi melakukan rapat proyeksi untuk menentukan jenis dan tema-tema tulisan/berita yang akan dibuat dan dimuat.

News Hunting = pengumpulan bahan berita. Tahap ini adalah tahap dimana para wartawan melakukan pengumpulan bahanberita, berupa fakta dan data melalui wawancara.

News Writing = penulisan naskah. Setelah data terkumpul, dilakukan penulisan naskah.

News Editing = penyuntingan naskah. Tahap ini adalah tahap pengeditan naskah dari segi redaksional (bahasa) dan isi (substansi).

Media Massa

Media Massa adalah sarana komunikasi massa (channel ofmass communication). Komunikasi massa sendiri artinya proses penyampaian pesan, gagasan, atau informasi kepada orang banyak (publik) secara serentak.

Produk Utama Jurnalistik: Berita

Aktivitas atau proses jurnalistik utamanya menghasilkan berita, selain jenis tulisan lain seperti artikel dan feature. Berita adalah laporan peristiwa yang baru terjadi atau kejadian aktual yang dilaporkan di media massa. Adapun tahapan tahapan dari pembuatan berita adalah hunting , writing dan struktur naskah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>